Segudang Manfaat Belajar Bahasa Arab

 

Ternyata sampai saat ini masih banyak orang yang merasa belajar bahasa Arab itu tidak terlalu penting. Padahal, setiap bahasa mempunyai manfaat maupun kelebihannya masing-masing, termasuk bahasa Arab.

Bahkan, Ibnu Taimiyah pernah berkata bahwa belajar bahasa Arab merupakan suatu hal yang hukumnya wajib bagi muslim. Bahasa Arab menjadi bahasa yang banyak memperoleh perhatian karena dari segi sejarah, geografis, ekonomi, filosofi, budaya, ilmiah, dan strategisnya sangatlah kata.

Sebenarnya, terdapat dua jenis bahasa Arab yang utama yakni dialek bahasa atau bahasa keseharian atau yang terkenal dengan bahasa Arab standar modern yang bermanfaat dalam berbicara. Ada satu lagi bahasa Arab sastra yang lebih tua dan terdapat dalam Kitab Suci Islam yakni Al-Qur`an.

Dalam hal ini, kamu bisa belajar bahasa Arab yang mana. Kamu dapat menggunakan bahasa Arab sehari-hari untuk berbincang dengan rekan atau bahasa yang lebih formal untuk berkomunikasi dalam dunia bisnis. Tentunya, keduanya memiliki peran dalam program pendidikan setiap individu.

Apabila kamu masih merasa ragu belajar bahasa Arab, kamu bisa simak manfaat belajar bahasa Arab berikut ini.

Merupakan Syiar Islam

Islam turun di Makkah dengan mayoritas penduduk yang berbicara dengan bahasa Arab sebagai bahasa utamanya. Hal inilah yang mendorong berbagai literatur maupun syiar Islam memakai bahasa Arab. Dengan belajar bahasa Arab, seorang muslim akan lebih baik dalam memahami agamanya.

Selain itu, bahasa sendiri menjadi salah satu bentuk syiar Islam dan bahasa adalah sebaik-baiknya syiar.

 

Mampu Mempengaruhi Akhlak, Logika, dan Agama

Bahasa adalah identitas dari seseorang. Apabila seseorang terbiasa memakai bahasa Arab dalam kehidupannya, maka logika, akhlak, dan pemahamannya mengenai agama akan lebih baik.

Baca Juga :  Manfaat Seafood: Kenikmatan Lezat yang Juga Baik untuk Kesehatan!

 

Menyerupai Tabiin dan Para Sahabat

Tabiin dan para sahabat merupakan orang-orang yang memakai bahasa Arab ketika berkomunikasi dalam keseharian. Membiasakan diri dengan bahasa Arab dapat menjadi salah satu usaha agar dapat mendekati tabiin dan sahabat.

Ketika menggunakan bahasa Arab dengan baik, secara perlahan kamu bisa mencontoh cara beragama, cara berpikir, maupun akhlak mulia dari para sahabat dan tabiin.

 

Lebih Mudah Memahami Al-Qur`an dan As-Sunnah

Al-Qur`an maupun As-Sunnah merupakan dua hal yang menjadi petunjuk bagi setiap umat Islam. Petunjuk ini turun dengan menggunakan bahasa Arab. Oleh sebab itu, kamu akan semakin mudah memahami makna dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah jika kamu memiliki pemahaman yang baik terhadap bahasa Arab itu sendiri.

Seseorang dapat dengan lebih baik dan mudah meresapi apa isi kandungan Al-Qur`an dan As-Sunnah jika mampu memahami bahasa Arab dengan benar. Maka dari itu, setiap umat muslim wajib belajar dan memahami isi Al-Qur`an dan As-Sunnah agar tidak salah melangkah. Jadi, belajar bahasa Arab menjadi suatu kewajiban, ya.

Bahkan, Abu Bakr bin Abi Syaibah pernah beriwayat mengenai Umar yang menulis pada Abu Musa. Riwayat tersebut berisi mengenai anjuran belajar As-Sunnah dan bahasa Arab, serta i`rablah Al-Qur`an.

 

Membuat Seseorang Menjadi Lebih Baik Tutur Katanya

Orang yang telah belajar bahasa Arab bisa menjadi orang yang faqih dalam berucap. Perbendaharaan kata yang ada dalam bahasa Arab memang luas sehingga membuat seseorang lebih mampu menyatakan apa yang mereka maksud dengan lugas dan baik.

Tidak hanya itu, Ibnu Taimiyah juga pernah berkata bahwa belajar bahasa Arab menjadi cara agar diri lebih faqih ketika berucap. Selain itu, belajar sunnah Nabi bisa kamu lakukan supaya lebih faqih dalam beramal saleh. Perlu kamu ingat, dalam diin terdiri dari amalan dan ucapan.

Baca Juga :  Sederet Alasan Anda Membutuhkan Kardus Arsip

Nah, itulah beberapa manfaat ketika kamu belajar bahasa Arab. Sebagai umat muslim, sungguh banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, bukan?

 

Kursus bahasa Arab gratis

Apabila kamu ingin belajar lebih dalam mengenai bahasa Arab, kamu bisa mengunjungi www.ilmufid.com.

Di sana kamu akan menemukan banyak informasi, mulai dari rekomendasi les bahasa arab secara online, cara cepat dan kekinian dalam belajar bahasa Arab secara mandiri, bagaimana belajar bahasa Arab dasar, maupun cara belajar bahasa Arab tanpa guru.

Jika kamu tertarik dengan bahasa Arab, jangan lupa kunjungi www.ilmufid.com dan temukan rekomendasi kursus bahasa Arab gratis di sana, ya! Semoga bermanfaat!

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *