Inovatips

Kabar Inovatips Terbaru

Beginilah Alur Manajemen Biaya dalam Berbisnis

manajemen biaya

Di dalam sebuah bisnis, manajemen biaya merupakan konsep yang memegang peranan penting dalam perusahaan. Karena dengan menguasai konsep manajemen biaya ini, perusahaan akan dapat untuk menjalankan kegiatan operasional secara efektif. Dalam konsep manajemen biaya, terdapat empat alur yang harus manajemen sebuah perusahaan lakukan. Keempat alur tersebut, antara lain:

Perencanaan Sumber Daya

Perencanaan sumber daya adalah proses untuk memastikan sumber daya yang perusahaan atau ruang lingkup operasi butuhkan di masa yang akan datang. Hal itu juga termasuk evaluasi dan perencanaan penggunaan sumber daya manusia, perencanaan keuangan, dan informasi lain yang mungkin dibutuhkan dalam operasional bisnis.

 

Perkiraan Biaya

Perkiraan biaya merupakan yang digunakan untuk mengukur, dan menghitung biaya, serta menentukan harga dari sumber daya yang perusahaan butuhkan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Proses perkiraan biaya ini akan terus perusahaan terapkan selama kegiatan operasional perusahaan berjalan.

 

Penganggaran Biaya

Penganggaran biaya ini merupakan salah satu alur manajemen biaya yang penting. Itu karena penganggaran merupakan proses yang dibutuhkan dalam proses menghimpun perkiraan biaya untuk menetapkan dasar biaya. Penganggaran biaya dapat perusahaan gunakan untuk menentukan cost baseline terhadap kinerja proyek yang terpantau dan terkendali.

 

Kontrol Biaya

Kontrol biaya merupakan proses pemantauan biaya, termasuk juga kinerja setiap pembiayaan. Manajemen harus memastikan bahwa setiap perubahan biaya yang terjadi sudah tepat, serta termasuk dalam baseline biaya yang berubah. Hal itu juga akan membuat perusahaan bisa menunjukkan informasi kepada para stakeholders, bahwa terjadi perubahan atau perluasan kegiatan operasional sehingga menyebabkan perubahan biaya.

 

Untuk bisa melaksanakan alur manajemen biaya dengan baik, anda membutuhkan software keuangan yang terpercaya, seperti Aspire. Perlu anda ketahui Aspire merupakan software manajemen keuangan all-in-one yang tepat untuk bisnis anda. Program Aspire telah banyak membantu 10.000 lebih peusahaan startup dan UKM di Asia tenggara agar bisa menghemat waktu dan biaya mereka dengan akun dan kartu kredit korporat multi-valas, sistem persetujuan klaim, solusi manajemen pengeluaran, tagihan, dan pendapatan dalam satu akun.

Dan tak hanya itu Aspire banyak membantu perusahaan seperti Pinhome, Happyfresh, Ayoconnect, dan banyak lainnya untuk mengontrol keuangan mereka sesuai dengan anggaran. Anggaran tersebut dapat perusahaan atur dan sesuaikan secara real-time dan limit anggaran langsung dapat perusahaan berikan ke kartu karyawan ataupun ke budget karyawan atau tim yang telah perusahaan tentukan sebelumnya. Kelebihan dari Aspire ini dapat memonitor seluruh pengeluaran perusahan dan perusahaan dapat mengintergrasikannya dengan software pembukuan akuntansi, untuk mencatat dengan baik dan otomatis. Fondasi keuangan yang baik akan bisa menjadi kunci sukses perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

 

aspire

Bila anda ingin upgrade sistem keuangan anda menjadi lebih mudah dan berbasis teknologi, Program Aspire ini adalah solusi tak terbaik. Cukup kunjungi https://aspireapp.com/ dan konsultasikan sistem yang anda inginkan. Sudah saatnya anda membuat sistem keuangan menjadi lebih mudah dan aman.