Yuk Pahami Lambang Pagar Nusa Secara Detail

lambang pagar nusa

Ada berbagai jenis sistem pencak silat di Indonesia. Salah satunya adalah Persatuan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa atau Pagar Nusa. Pencak silat jenis ini biasanya identik dengan lambang pagar nusa yang berwarna dominan hijau.

Organisasi Pencak Silat ini sudah ada sejak 3 Januari 1986. Pesantren Lilboyo adalah tempat bersejarah dimana Paga Nusa didirikan. Nama Pagar Nusa diberikan oleh KH. Mujib Ridlwan, yang juga pencipta simbol-simbol NU.

Sebagai organisasi resmi pencak silat, Paga Nusa juga memiliki simbol tersendiri. Hal ini agar simbol tersebut dapat mencerminkan semangat juang dan tujuan Pagar Nusa.

Arti Lambang Pagar Nusa

lambang pagar nusa

Semua simbol organisasi tentunya memiliki makna yang dalam. Karena simbol menjadi identitas organisasi. Oleh karena itu, perlu diciptakan simbol-simbol dengan makna yang dalam. Hal ini juga terjadi dengan simbol Pagar Nusa.

Simbol Pagar Nusa memiliki berbagai jenis dekorasi. Salah satunya adalah segi lima yang merupakan bentuk utama dari lambang Paga Nusa.

 

Segi lima pada lambang Pagar Nusa

Segi lima ini melambangkan jumlah rukun Islam yaitu 5 rukun. Selain itu, jumlah unsur Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia juga ada 5. Bentuk segi lima ini dengan demikian menunjukkan bahwa Paga Nusa memiliki rukun Islam dan Pancasila dalam menjalankan aktivitasnya.

 

Tiga Garis Putih

Segi lima ini bermata garis-garis putih yang membentuk tiga bagian. Tiga garis putih melambangkan sikap manusia dalam tiga ranah ibadah, aqidha dan muamara. Tiga garis putih memiliki arti lain.

Dengan kata lain, itu adalah faktor penting dalam kehidupan Muslim: Iman, Islam dan Isan. Lambang Pagar Nusa juga mencantumkan kata Pencak Silat Nahdlatul Ulama. Surat ini ada di bagian atas lambang. Kitab Suci menunjukkan bahwa Paga Nusa berada di bawah naungan Nahdatul Ulama (NU).

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Kulit dari SehatQ.com untuk Anda

 

Sembilan Bintang

Sedangkan di bawah tulisan Pencak Silat Nahdlatul Ulama ada sembilan bintang. Ada satu bintang besar di tengah dan empat bintang di kiri dan kanan. Arti dari sembilan bintang salah satunya adalah satu bintang besar melambangkan Nabi Muhammad SAW, empat bintang di sebelah kanan melambangkan Khulafaur Rasyidun, dan empat bintang di sebelah kiri melambangkan jumlah mazhab. dengan banyaknya warisongo yang mengajarkan agama Islam di Indonesia.

 

Trisula

Di tengah adalah trisula, melambangkan sifat saling mendukung dan keseimbangan rahim, dunia, dan akhirat.

 

Bola

Di belakang trisula terdapat sebuah bola yang melambangkan para pejuang Pagar Nusa, yang dapat berkembang di berbagai lokasi.

 

Pita

Pita di depan bumi berarti tidak ada kemenangan kecuali dengan pertolongan Allah.

 

Background Hijau

Latar belakang hijau melambangkan kesuburan.

 

Itu dia pembahasan lengkap mengenai arti lambang pagar nusa secara detail. Namun, jika Anda masih bingung dengan maksud dari lambang tersebut dan ingin tahu lebih jauh, Anda bisa membuka website inspiratif ekopriantoblog.id yang lengkap juga dengan tips dan penjelasan yang bermanfaat.

Terima kasih

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *