Inovatips

Kabar Inovatips Terbaru

Inilah Bedanya Tes Bahasa Inggris IELTS & TOEFL Yang Wajib Diketahui!

tes bahasa inggris

IELTS dan TOEFL merupakan tes bahasa inggris yang anda perlukan jika anda ingin belajar atau kuliah di luar negeri. IELTS atau TOEFL menjadi salah satu syarat penting dalam mendaftarkan diri ke perguruan tinggi di luar negeri. Anda biasanya akan dimintai bukti nilai tes IELTS ataupun TOEFL anda. Hal itu agar pihak kampus mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa inggris anda dalam menulis, membaca, dan berbicara dengan bahasa inggris untuk mengikuti pelajaran di kampus nantinya.

Anda perlu mengetahui perbedaan antara IELTS dan TOEFL agar anda bisa memilih tes mana yang akan anda ikuti sesuai dengan keinginan anda. Berikut ini adalah perbedaan dari IELTS dan TOEFL:

1. Pengelola

IELTS dikelola oleh British Council, University of Cambridge ESOL Examinations, dan IDP Education Australia. Sedangkan TOEFL dikeloa oleh Education Testing Service, Amerika Serikat.

2. Bahasa Yang Digunakan

IELTS menggunakan British English dalam tesnya sedangkan TOEFL menggunakan American English. Kedua bahasa ini sebenarnya cukup mirip, perbedaannya terdapat pada ejaan, idiom dan logat kedua bahasa tersebut.

3. Bentuk Tes

IELTS menggunakan 2 bentuk tes yaitu IELTS berbasis komputer dan IELTS berbasis kertas. Sedangakan TOEFL hanya menggunakan basis komputer atau biasa dikenal dengan TOEFL ibt (Internet Based Test)

4. Durasi

IELTS memiliki durasi sekitar 2 jam 45 menit. Sedangkan TOEFL memiliki durasi sekitar 4 jam.

5. Penilaian

IELTS menilai tiap bagian tes seperti listening, reading, speaking dan writing dengan skor 0-9. Untuk nilai akhirnya, semua nilai bagian tes dibagi menjadi 4 sehingga akan mendapatkan skor akhir dalam skala 0-9.

Sedangkan TOEFL menilai tiap bagian tes seperti listening, reading, speaking dan writing dengan skor sebanyak 30 dan akan dijumlahkan sehingga skor akhir maksimumnya adalah sebanyak 120.

6. Reading Section

Dalam reading section di IELTS, anda akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan beberapa tipe pertanyaan. Sedangkan dalam reading section di TOEFL, anda akan mendapatkan sekitar 3-5 teks bacaan dengan pertanyaannya yang berbentuk pilihan ganda.

7. Listening Section

Dalam listening section di IELTS, anda akan mendengarkan berbagai macam cuplikan audio pendek. Anda akan menjawab pertanyaan secara langsung sambal mendegarkan cuplikan audio tersebut.

Sedangkan dalam listening section di TOEFL, anda akan mendengarkan cuplikan audio berupa percakapan dan pengajaran selama sekitar 40-60 menit. Anda harus mencatat informasi-informasi penting yang anda dengar. Hal ini Karena pertanyaan akan muncul setelah anda selesai mendengarkan tiap cuplikan audio.

8. Speaking Section

Dalam speaking section di IELTS, anda akan berbicara dan menjawab pertanyaan secara langsung dengan native speaker. Sedangkan dalam speaking section di TOEFL, anda tidak akan menjawab secara langsung. Anda akan merekam jawaban anda menggunakan computer.

Nah, itu tadi adalah beberapa perbedaan antara IELTS dan TOEFL. Jadi tes mana yang akan anda pilih?

 

Anda bisa meningkatkan kemampuan IELTS atau TOEFL anda dengan mengikuti kursus bahasa inggris di website https://www.schoters.com/ dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris anda agar mempermudah anda dalam mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri.